Follow Us @soratemplates

Monday, November 12, 2018

Udang Saos Padang

Berbicara soal olahan udang, menu udang yang paling saya suka adalah udang saos padang. Di Rawamangun, ada warung seafood yang udang saos padangnya enak binggo. Letaknya deket kosan temen saya, nama jalannya entah apa. Ya pokoknya deket jalan balai pustaka deh sebelum Tip Top. Dulu, hampir beberapa bulan sekali saya pergi ke Rawamangun, judulnya sih biasanya agenda rapat editor, tapi kadang lebih banyak dolannya daripada rapatnya. Rapatnya kadang cuma sehari doangan, itupun paling lama 3 jam. Isi rapatnya juga 90% cengengesan, sisanya baru seriusan.

Biasanya, dalam satu agenda rapat, saya menghabiskan waktu sekitar 4 harian di Rawamangun. Kadang disewain kamar sama kantor, tapi saya lebih sering numpang nginep di kosan teman. Bukannya mau sok ngirit anggaran kantor, tapi memang lebih seru aja sih kalau di kosan teman. Rame dan nggak bosen kalau pas malam-malam karena ada yang diajak ngobrol (nggosip lebih tepatnya).

Waktu saya ngontrak di Jogja, tepatnya di daerah Godean, ada rumah makan keluarga yang jadi favorit saya dan suami yaitu Gubug Mang Engking. Saya pertama ke sana bareng teman editor dan akhirnya ketagihan lalu sering ngajak suami ke sana (modus aja sih, biar dibayarin hehe). Di sana juga menu udang saos padangnya enak banget. Harganya nggak beda-beda jauh sama udang saos padang yang di Rawamangun, cuma kalau pas lagi akhir bulan ya agak sayang juga sih makan di sana. Apalagi setelah menikah, agenda makan di luarnya semakin berkurang karena ternyata masak sendiri lebih nikmat dan berkah (alesan aja, padahal mah biar ngirit ☺)

Beberapa hari yang lalu, saya lihat di kulkas ada udang basah, trus keinget udang saos padang di Rawamangun sama Gubug Mang Engking itu. Akhirnya yaudah eksekusi aja jadi udang saos padang ala ala. Lumayan lah rasanya. Paling enggak, kalau udah bisa masak begini kan kalau pas nyidam udang saos padang, bisa masak sendiri gitu. Nggak harus jalan nyari-nyari resto seafood. Apalagi kalau pas nyidam kadang malah menu yang biasanya gampang dicari tau-tau jadi susah aja nyarinya.

Nah udang saos padang ini bikinnya gampang banget. Caranya gini, tiga siung bawang putih digeprek, ditumis sama seruas jahe yang juga digeprek. Tambahin bawang bombay. Masukin udang yang sudah dibersihkan dan dilumuri jeruk nipis. Lalu masukkan saos sambal, saos tomat, saos tiram, garam. Ukurannya kira-kira aja dah. Kasih air dikit dan tepung maizena yang udah dilarutkan ke air. Koreksi rasa, trus udah deh disajikan. Kasih irisan daun bawang dikit yes. Rasanya mirip-mirip lah sama yang di resto itu, malah lebih enak dikit. Soalnya kan yang di resto itu makannya udah kapan tau, jadi udah ngga keinget lagi rasanya 👏



Purwokerto, 13 April 2017

No comments:

Post a Comment