Follow Us @soratemplates

Monday, November 12, 2018

Brownies Cokelat Kukus Super Lembut

Beberapa hari yang lalu, saya dan ibu membeli oven listrik Kirin karena pengen bikin kue panggang kayak brownies dengan lebih praktis daripada harus pake oven tangkring yang ruibet makenya. Ternyata oh ternyata, pengoperasiannya makan listrik banyak banget. Alhasil, baru dipake sekali trus dibalikin lagi deh ke kardus padahal belum keturutan bikin brownies. Karena udah pengen banget makan brownies bikinan sendiri, akhirnya kami memutuskan untuk bikin brownies kukus aja deh. Resepnya ngintip dari buku catatan resep jaman baheula dan dimodifikasi sendiri berdasarkan bahan-bahan yang ada di rumah.

Cara membuatnya juga gampang banget. Tim 200gr mentega dan 100gr coklat blok lalu sisihkan. Kocok 3 butir telur dan 10sdm gula pasir sampai mengembang, lalu masukkan 1 gelas belimbing terigu dan 2sdm coklat bubuk yang sudah diayak trus diaduk sampai rata. Masukkan mentega dan coklat yang sudah ditim tadi, sejumput vanili bubuk, dan sejumput soda kue. Aduk lagi sampai rata. Tuang ke loyang yang sudah diolesi mentega dan terigu, lalu kukus sekitar 40 menit. Udah gitu aja. Gampang banget kan?

Hasilnya adalah brownies cokelat yang lembut banget di lidah. Apalagi dimakan barengan sama secangkir teh sambil baca buku (yang buat saya cuma jadi impian semata, karena baru lagi mau nyomot potongan brownies, bayi udah nangis kejer minta ditemenin). Silakan yang mau nyoba bikin brownies cokelat kukus yang gampang banget ini. Oh iya, kalau ada yang nanya, harus pake mixer apa nggak, sebenarnya nggak wajib-wajib banget sih. Yang penting ngocok telur dan gula pasirnya sampai mengembang gitu. Bisa pake alat kocokan telur atau garpu. Selebihnya yang penting diaduk sampai rata aja ya. Selamat mencoba!



Purwokerto, 5 Mei 2017

No comments:

Post a Comment