Follow Us @soratemplates

Monday, November 12, 2018

Persiapan Menjelang Kelahiran Bayi

Hai Halo...
Akhirnya ya, setelah sekian bulan vakum nulis di blog, saya kembali tergerak untuk corat-coret lagi di sini. Ditemani Simon & Garfunkel, saya mau sharing soal persiapan menjelang persalinan. Beberapa waktu yang lalu, menjelang kelahiran anak pertama saya, sambil senam-senam hamil dan latihan pernapasan (juga menyiapkan mental), saya hobi sekali berselancar di internet dalam rangka mencari referensi segala keperluan persalinan dan pernak-pernik bayi. Daaaan hampir 70% perlengkapan bayi memang saya beli melalui online shop loh. Nah, buat para ibu-ibu yang baru mau melahirkan untuk pertama kalinya, kadang memang bingung kan harus gimana persiapannya. Ini saya bagi sedikit pengalaman saya ya.

Menjelang kehamilan mencapai minggu ke 38, saya dan suami mulai belanja barang-barang yang sudah kami list (sebenarnya saya yang list sih, suami mah iya-iya aja). Berikut barang-barang yang kami beli untuk persiapan newborn baby:

  • Bedding Set kami beli secara online. Isinya ada kasur tipis yang bisa difungsikan menjadi bed cover baby juga, dengan ukuran sekitar 90x120cm berbahan katun lembut dengan isi dakron dilengkapi dengan satu bantal kotak, satu bantal peyang, dan dua bantal guling bayi.
  • Perlengkapan mandi dan kosmetik bayi yaitu sabun mandi, shampoo, bedak bayi, hair lotion, minyak telon, minyak kayu putih, baby oil, baby cream, tisu bayi, tisu basah untuk bayi, kapas bulat, kain kasa. Untuk brand dan review tiap produk nanti saya bikin postingan terpisah ya.
  • Handuk bayi, bedong, baju newborn, gurita, selimut bayi, popok, clodi, mantel bayi, kaos tangan dan kaos kaki bayi, topi bayi, bak mandi bayi, tas bayi. Khusus untuk ini hampir 99% disiapkan dan dibelikan oleh ibu. Mungkin kalau ibu membiarkan saya yang belanja, yang ada malah kalap belanja baju-baju lucu tanpa mempertimbangkan prioritas lainnya. Yang saya beli cuma beli tas bayi brand dialogue baby dan clodi GG (review menyusul di postingan berbeda ya).
Kayaknya itu aja sih. Yang lainnya dibeli menyusul setelah persalinan. Nah, sebaiknya menjelang usia kehamilan mencapai 40 minggu atau mendekati HPL, ibu-ibu harus menyiapkan dua tas untuk dibawa sewaktu-waktu harus segera berangkat ke rumah bersalin. Satu tas berisi perlengkapan bayi (perlengkapan mandi dan kosmetik bayi, handuk, selimut bayi, mantel bayi, baju bayi secukupnya, gurita dan popok secukupnya, bedong, kaos tangan dan kaos kaki bayi, topi bayi). Sementara tas satunya berisi perlengkapan ibu dan ayah ya, antara lain berisi:

  • Baju ganti untuk ibu dan ayah minimal 2 stel. Usahakan untuk ibu siapkan atasan busui ya.
  • Pakaian dalam. Untuk ibu jangan lupa siapkan bra menyusui ya, minimal bawa 2 buah. 
  • Breast Pad juga penting sekali. Waktu itu saya bawa disposable breast pad, kalau sekarang pakai yang washable (nanti saya buat review di postingan terpisah ya).
  • Kain jarik secukupnya. Kemarin saya bawa 2 potong, tapi trus ambil lagi ke rumah jadi mending bawa agak banyakan ya.
  • Perlengkapan mandi dan kosmetik seperti handuk, sabun mandi, sikat gigi dan odol, facial wash dan pelembab wajah (saya pake Jafra, nanti review menyusul yah).
  • Pembalut maternity. Saya kemarin pake yang merek Softex isi 20 pcs dan beli 2 pak. Tapi bawa secukupnya aja sih buat ditaruh di tas.
  • Buku KIA, buku nikah, dan kalau pake BPJS siapin juga syarat-syaratnya lalu satukan dalam 1 map ya.
  • Antiseptik. Waktu itu saya siapkan antiseptik detol, jadi kalau ada yang nengokin bisa dikasih antiseptik ini sebelum colek-colek dedek bayinya hehe. Sebenarnya di rumah sakit juga ada sih, tapi nggak papa siapin aja.
  • Bekal untuk ibu dan yang nungguin, bisa berupa cemilan bergizi seperti granola atau apa saja, dan jangan lupa air minum yang banyak ya.
Kurang lebihnya itu sih yang kemarin saya siapkan. Semoga nggak ada yang kelewat tercatat ya, soalnya udah agak-agak lupa. Untuk review produk yang saya dan dedek bayi pakai nanti pelan-pelan akan saya buat postingannya satu-satu ya. Insyaallah.

Oh iya ibu-ibu, jangan lupa untuk mulai membersihkan puting payudara ya menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Saya waktu itu pake minyak zaitun merk Bertolli (jangan menggunakan minyak zaitun yang tidak alami loh ya). Pembersihan ini berfungsi supaya kotoran yang menyumbat lubang-lubang puting payudara terangkat dan juga supaya puting terangkat keluar sehingga bayi nanti tidak kesulitan menyusu. Semangat IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan ASI Ekslusif ya buibu!



Purwokerto, 11 April 2017 

No comments:

Post a Comment